Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Akuntansi Keuangan


Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansikeuangan adalah suatu bagian dari akuntansi yang berhubungan dengan suatu penyiapan laporan keuangan bagi pihak luar misalnya pada pemegang saham, pemasok, kreditor dan lain sebagainya.
Akuntansi keuangan merupakan sebuah sistem yang mengatur berbagai macam pencatatan sebuah transaksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan hingga menyusun sebuah laporan keuangan yang mengenai transaksi yang terjadi.
Akuntansi keuangan adalah bagian akuntansi yang menghasilkan suatu informasi dalam bentuk laporan keuangan yang dimana laporan ini ditujukan bagi pihak-pihak luar seperti pemegang saham, pajak dan lain sebagainya.
Akuntansi keuangan ialah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan sebuah transaksi-transaksi keuangan khususnya yang berhubungan dengan suatu perubahan aset, ekuilitas ataupun kewajiban perusahaan.
Dari beberapa penjelasan diatas maka dapat disimpulkan, bahwa akuntansi keuangan adalah suatu kegiatan yang meliputi proses pencatatan hingga penganalisaan data-data keuangan perusahaan dan produk yang dihasilkan dari suatu kegiatan tersebut yang berupa laporan keuangan. Laporan keuangan ini terdiri dari pelaporan keuangan yang digunakan untuk suatu kepentingan pihak internal perusahaan ataupun untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan.

Fungsi Akuntansi Keuangan

  • supaya mudah mengetahui dan menghitung laba ataupun rugi yang sudah didapat oleh perusahaan.
  • supaya dapat memberikan informasi yang bisa berguna bagi manajemen perusahaan.
  • supaya bisa membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.
  • untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai macam suatu kegiatan yang terjadi pada perusahaan.
  • untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai targetnya yang sebelumnya sudah ditentukan.

Tujuan Akuntansi Keuangan :

  • Untuk memberikan sebuah informasi yg bisa dipercaya mengenai sebuah perubahan sumber ekonomi netto suatu perusahaan yg muncul dari suatu aktivitas dalam rangka mendapatkan laba.
  • Bertujuan untuk memberikan sebuah informasi yg terpercaya mengenai Aktiva, Kewajiban dan yang terakhir Modal.
  • Bertujuan untuk membantu para pemakai dalam memperkirakan suatu potensi perusahaan agar menghasilkan sebuah keuntungan.
  • Bertujuan untuk Memberikan informasi penting lainnya yang mengenai sesuatu perubahan sumber-sumber ekonomi & kewajiban, seperti informasi mengenai aktivitas belanja.
  • Bertujuan untuk mengungkapkan suatu informasi lain yg berkaitan dengan suatu laporan keuangan yg relevan untuk sebuah kebutuhan pemakai laporan keuangan.

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Akuntansi Keuangan Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Akuntansi Keuangan Reviewed by Mabrur Muhammad on September 01, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.