Mengoptimalkan Kinerja Otak



MENGOPTIMALKAN KINERJA OTAK ( BELAJAR MATEMATIKA )

Manusia diciptakan sebenarnya mempunyai kemanpuan  untuk berhasil, tetapi banyak dari kita hanya menggunakan sebagian kecil otak dan kemampuan kita yang sebenarnya cara belajar bagaimana memaksimalkan otak kita adalah dengan menguasai dan memahami organ penting tubuh yang kita miliki, sehingga kita bisa belajar lebih cepat , lebih efisien dan puas terhadap apa yang kita inginkan.
Ada tiga  tahapan penting yang harus dilakukan untuk belajar Cepat yaitu Ready, GO, Steady. Yang dimaksud Kata Ready adalah sebelum belajar kita harus berada dalam keadaan dengan emosional yang tepat, lingkungan nyaman yang berada disekitar kita dan yang paling penting adalah Kita secara Aktif menghidupkan Cara Kerja Otak kita. Yang dimaksud Kata Go adalah ketika sedang belajar kita harus mampu menggunakan berbagai teknik atau cara dalam belajar sehingga kita dapat mengetahui bagaimana berhadapan dengan keberhasilan atau kegagalan dengan kreatifitas yang kita miliki. Sedangkan yang dimaksud dengan Steady adalah setelah kita mempelajari sesuatu kita harus memikirkan secara mendalam dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, mempunyai kemampuan responsive terhadap keadaan yang ada serta menyeimbangkan hidup antara pelajar yang kita dapat dengan kehidupan yang akan datang. Mengoptimalkan otak kita sebenarnya harus melaksanakan tiga tahap tersebut yang tidak boleh dipisah-pisahkan karena ketiganya saling berkaitan sehingga kita sudah memperdayakan kebiasaan kerja otak kita dengan baik.
Belajar Matematika sebenarnya banyak manfaatnya karena hampir semua dikehidupan berhubungan dengan matematika. Namun, banyak atau ada sebagian yang menganggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang menakutkan, yang sebenarnya jika kita mengenal matematika dengan baik kita bisa menjadi sahabat yang luar biasa, dan salah satu cara mengoptimalkan belajar matematika dengan baik adalah Belajar Matematika dengan cara lebih cepat.
Beberapa cara belajar matematika dengan cara cepat untuk mengoptimalkan Otak kita adalah :
  1. Mempunyai Niat yang Lurus untuk Belajar
Banyak diantara kita lupa tujuan belajar adalah untuk masa depan kita, tidak hanya sekedar mendapatkan nilai saja, jika ingin dapat nilai bagus kita bisa menyontek teman yang pintar. Maka dari itu yang ada dalam benak / niat kita adalah belajar untuk mencari ilmu pengetahuan, karena dengan ilmu pengetahuan daya nalar kita akan terasah dengan baik sehingga mudah untuk mendapatkan pelajaran.
  1. Selalu menggunakan cara-cara yang menyenangkan
Siapapun akan setuju bahwa mempelajari pelajaran dengan hati yang senang akan bisa dengan mudah memahami hal tersebut. Begitu juga dengan matematika. Sesulit apapun soal-soal matematika, bila kita mempelajarinya dengan senang ataupun menggunakan cara yang menyenangkan, maka kita bisa dengan cepat menyelesaikannya.
  1. Gunakanlah Simbol-simbol
Mengapa harus menggunakan simbol? karena matematika pada dasarnya bersifat abstrak (tidak nyata). Oleh karena itu, supaya kita tidak kesulitan dalam belajar matematika, kita harus bisa memegang, merasakan, serta melihat sehingga kita harus bisa mewujudkan dalam bentuk nyata supaya kita bisa dengan mudah memahami matematika.
  1. Jabarkan dalam bentuk Cerita
Sebuah soal matematika yang sangat rumit dan sulit, akan bisa terlihat mudah untuk dipecahkan bila diuraikan dalam bentuk cerita. Ini berhubungan dengan penggunaan logika berfikir. Oleh karena itu, bila kita telah terbiasa menggunakan logika berfikir dalam memecahkan soalmatematika, maka kita tidak akan menemui kesukitan bila kita menjumpai sebuah soal matematika dalam bentuk cerita.
  1. Selalu menggunakan logika berfikir
Matematika tidak hanya membutuhkan kemampuan berhitung karena bila hanya berhitung saja, maka kita bisa dengan mudah menggunakan alat bantu seperti kalkulator, Sempoa, daftar Tabel. Yang paling penting dalam belajar matematika adalah logika berfikir. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman yang benar tentang matematika dengan logika berfikir.
  1. Kenali, Kemudian Cintai Matematika
Kenali, Kemudian Cintai Matematika merupakan hal yang sangat penting karena ketika kita mencintai matematika terlebih dahulu, maka kita mudah untuk mempelajarinya sesuatu. Dengan kita mencintai matematika pastilah kita awalnya sudah mengenalnya. Tanpa mengenal matematika terlebih atau istilahnya kita melakukan Pendekatan terhadap matematika, mengetahui manfaat  atau fungsi matematika pasti kita kesulitan. Proses mengenal matematika sebenarnya mudah-mudah sulit tergantung kita bagaimana berusaha sendiri untuk mengenalnya. Berarti Tahap Ready, Go dan Steady di sini harusnya saling berkaitan untuk mengenali dan mencintai matematika.
  1. Perbanyak Latihan-latihan soal
Membiasakan Latihan soal dan Belajar merupakan hal yang penting. Poin-poin  diatas dilakukan tetapi poin ini tidak dilakukan berarti sia-sia atau tidak berguna, dengan demikian  segera belajar dan perbanyak latihan-latihan soal dengan berbagai sumber yang ada, lebih banyak variasi dan sumber berarti menambah perbendaharaan soal-soal.

Menerapkan pemikiran sederhana untuk melakukan semua tentang bagaimana cara belajar matematika dengan cara cepat untuk mengoptimalkan Otak kita merupakan hal penting. Kita harus mengawali dahulu dengan cara-cara sedikit demi sedikit yang berkelanjutan dan nantinya akan tercapai semua yang kita inginkan. Mungkin rasanya sulit, tapi kita harus mencobanya karena untuk kebaikan kita sendiri. (Selamat Belajar).
Sumber Tulisan : Moh.Hariyadi, S.Si
Guru Matematika SMA Tunas Luhur Paiton
Mengoptimalkan Kinerja Otak Mengoptimalkan Kinerja Otak Reviewed by Mabrur Muhammad on September 06, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.